Manakah Emas Yang Cocok Untuk Investasi?

https://i0.wp.com/odnv.co.id/apps/wp-content/uploads/2011/04/emas_batangan_logammulia_antam.jpg

Bagi orang-orang yang hendak melakukan investasi dalam bentuk emas, pasti sebelumnya akan bertanya, Manakah emas yang cocok untuk investasi?

Secara garis besar, di dunia ini emas dapat dikategorikan dalam 2 category :

1. Emas Perhiasan
2. Emas Batangan/lantakan

Emas perhiasan mempunyai ciri-ciri keindahan,nilai seni yang terkandung didalamnya. Emas perhiasan mempunyai berbagai macam mode dan fashion sehingga menarik bagi orang-orang untuk membelinya. Untuk membuat sebuah emas perhiasan membutuhkan proses yang cukup lama dan rumit tergantung design yang diinginkan. Untuk membentuk emas perhiasan tidak membutuhkan kadar yang tinggi, agar emas dapat semakin mudah dibentuk. Dengan demikian rata-rata kadar emas perhiasan adalah 18K,20K,22K. Semakin tinggi kadarnya semakin sulit emas tersebut dibentuk. Dikarenakan proses-proses diatas itulah akhirnya nilai emas perhiasan tidak sama dengan harga emas sesungguhnya karena nilai didalamnya sudah bertambah untuk ongkos pembuatan,design, pajak,dsb. Jika Anda menjual emas perhiasan kembali ke toko,maka toko hanya melihat emas yang anda miliki, sedangkan nilai-lain seperti design/seni ongkos pembuatan tidak diperhitungkan lagi. Dengan demikian nilai kembalian/purna jual (buy back) sangat rendah.

Tidak seperti emas perhiasan, emas batangan tidak membutuhkan nilai design/fashion didalamnya. Karena bentuk emas batangan tidak memerlukan bentuk yang indah,design yang mewah seperti layaknya emas perhiasan maka Emas batangan juga tidak mendapatkan nilai2 tambahan lainnya sehingga harga emas batangan cenderung mendekati harga emas sesungguhnya (hanya dihitung harga emas). Emas batangan juga mempunyai beberapa jenis kadar, 94%, 98%, 99%. Jadi emas batangan tidak selalu 99% seperti perkiraan banyak orang, banyak pula emas batangan yang mempunyai kadar dibawahnya. Untuk memudahkan penyebutan,biasanya di pasar emas, untuk emas dengan kadar 99% disebut dengan emas LONDON sedangkan selain itu disebut emas LOCAL. Dengan demikian pada saat anda menjual emas batangan kembali, maka yang anda dapatkan benar-benar harga beli emas itu sendiri.

Akan tetapi saat ini muncul begitu banyak trend,dimana emas batangan dibentuk sedemikan rupa, sehingga dilihat begitu indah dan mempesona. Pada akhirnya pun emas batangan dikenai ongkos pembuatan. Sehingga nilainya pun bertambah. Tidak murni harga emas batangan itu sendiri.

Nah dari sini tentunya anda dapat menyimpulkan emas mana yang cocok untuk investasi. Pada dasarnya yang perlu diperhatikan disaat melakukan invesasi emas adalah tidak dibutuhkannya nilai-nilai tambahan yang menempel di harga emas tersebut. Sehingga didapat harga emas yang sesungguhnya. Apapun bentuk dan model emas tidak menentukan harga beli emas karena harga beli emas yang dilihat adalah berat dan kadarnya. Anda tentu saat melakukan investasi emas, pasti kemudian disimpan entah disimpan di dalam lemari, kasur, bank dan sebagainya, sehingga tidak diperlukan keindahan bentuk emas di dalam mekanisme investasi. Kecuali emas untuk fashion maka perlu emas itu dipertontonkan keindahannya. Pernahkah anda menjumpai investasi emas yang dipertontonkan?

Kesimpulan dari pembicaraan diatas bagaiman menentukan emas yan cocok untuk investasi sehingga didapatkan return value yang optimal?

1. Gunakan Emas batangan hanya berkadar 24karat 99.99% (LONDON) atau 24 Karat 99.5% (LOCAL)
2. Hindari emas batangan yang mempunyai model dan design tertentu karena anda akan dikenai biaya ongkos pembuatan.
3. Carilah tempat dimana menjual emas batangan dengan harga jual yang sesuai dengan harga jual pasar emas dan sesuai dengan budget anda dan tempat purna jual/beli kembali yang memberikan harga beli yang tinggi sesuai dengan harga beli pasar emas.

Sumber : www.emas24karat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s